Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Tanjung Kelayang, Semenanjung Menakjubkan di Pesisir Belitung
Tags : #pulau #pantai #bangkabelitung

Hamparan pasir putih menghiasi sisi timur pantai dan batu-batu granit besar mempercantik sisi barat pantai menjadikan daya tarik tersendiri bagi Tanjung Kelayang karena tak banyak pantai di Indonesia yang memiliki nuansa pantai seperti di Tanjung Kelayang. Batu-batuan granit yang ada di tepi pantai dan pulau konon kabarnya sudah ada sejak 65-200 juta tahun yang lalu. Lokasi Tanjung Kelayang ini terletak di Kecamatan Sijuk, kurang lebih sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan, ibukota Kabupaten Belitung. Para pengunjung tak perlu bingung dan khawatir akan akses menuju ke tempat wisata ini karena jalanan yang dibangun sudah mulus sekali dan dapat ditempuh dengan bus atau kendaraan pribadi. 

Hasil gambar untuk tanjung kelayang idntimes

(gambar: https://www.idntimes.com/)

Hasil gambar untuk tanjung kelayang pertamag

(gambar: https://pertamag.blogspot.com/)

Pantai Tanjung Kelayang memiliki garis pantai yang indah sekali dan panjang garis pantainya mencapai sekitar 4 kilometer. Air lautnya yang hangat dan tenang membuat pantai ini cocok untuk arena wahana permainan air seperti jet ski, banana boat, snorkeling, diving, dan menyewa perahu untuk berlabuh di pulau-pulau kecil sekitar pantai. Selain melakukan aktivitas air di pantai ini, para pengunjung dapat mengunjungi pulau-pulau kecil atau bahasa kerennya yaitu “island hopping” dengan menyewa perahu. 

Hasil gambar untuk pulau garuda

(gambar: https://belitungoktour.com/)

Pulau pertama yang akan disinggahi oleh para wisatawan adalah Pulau Garuda. Keunikan dari pulau ini terletak pada sebuah batu granit besar yang bentuknya menyerupai bentuk kepala burung garuda. Sayangnya, para wisatawan hanya bisa menikmati keindahan pulau ini dari kejauhan karena jika banyak wisatawan yang datang kesana tentu akan ada resiko terhadap rusaknya ekosistem alam di sekitar pulau.

Hasil gambar untuk pulau pasir belitung kompas

(gambar: https://www.wisatabelitung.co.id/)

Destinasi selanjutnya yaitu Pulau Pasir. Pulau Pasir tidak bisa kita kunjungi setiap saat karena pulau ini hanya akan terbentuk ketika air sedang surut. Air yang sedang surut tersebut membentuk sebuah pulau kecil. Jadi beruntung bagi kalian yang berkunjung ketika air laut surut. Waktu terbaik mengunjungi pulau ini adalah pada saat pagi atau sore hari atau pas surutnya air laut. Pantai pasir putih di pulau ini sangat lembut. Selain itu, kita juga akan menjumpai dengan mudah hewan-hewan laut. 

Gambar terkait

(gambar: https://www.korinatour.co.id/)

Rute berikutnya ada Pulau Lengkuas. Pulau ini sangat terkenal dengan mercusuar yang berdiri kokoh. Mercusuar ini dahulunya dapat dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat pemandangan laut belitung dari ketinggian. Namun sejak tahun 2017, mercusuar ini sudah ditutup untuk umum. Di tengah-tengah pulau ini, terdapat sebuah cekungan kecil yang akan membentuk telaga saat air laut pasang. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Telaga Bidadari. 

Hasil gambar untuk pulau kepayang

(gambar: https://kumparan.com/)

Selanjutnya adalah Pulau Kepayang. Pulau kepayang ini menjadi tempat yang paling pas untuk membuat perut kita kenyang. Di sini, terdapat warung makan yang menjual aneka kuliner khas Belitung terutama makanan laut. Di pulau ini, kalian bisa menyantap gangan, olahan ikan tengiri yang dimasak sup dengan bumbu kuning. 

Hasil gambar untuk pulau batu berlayar bangka belitung

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Setelah kenyang, kalian bisa melanjutkan perjalanan menelusuri pulau yang terakhir dari rangkaian “island hopping” ini yaitu Pulau Berlayar. Pulau Berlayar merupakan pulau yang paling kecil dari semua pulau yang dikunjungi pada kegiatan “island hopping”. Batu-batu granit di pulau ini juga tidak terlalu besar. Dinamakan Pulau Berlayar karena ada batu granit yang membentuk seperti layar pada sebuah kapal jika dilihat dari kejauhan. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.